Profil

Untuk tercapai kemajuan dan kesejahteraan Masyarakat Indonesia, maka perlu suatu upaya pemanfaatan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Dalam mengantisipasi masa depan yang masih penuh tantangan, maka tak ada pilihan lain yang lebih baik, kecuali menyiapkan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang mampu menguasai dan memanfaatkan ilmu tersebut.

Mengingat betapa pentingnya peran sumber daya air bagi kehidupan, maka sudah selayaknya penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya Teknik Hidro atau Teknik Keairan perlu diupayakan berkembang secara tepat guna untuk kepentingan dan peningkatan kemakmuran masyarakat.

Menyadari akan rasa tanggung jawab yang dipikulnya; maka para ahli teknik hidro bertekad untuk secara bersama menyumbangkan keahlian melalui perkumpulan yang dinamakan “Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia” disingkat HATHI, yang didirikan pada tanggal 20 Januari 1981.

Melalui organisasi ini, diharapkan dapat semakin memantapkan upaya dalam mengembangkan, memanfaatkan dan menyebar luaskan ilmu; khususnya dibidang teknik hidro; melalui kegiatan pendidikan, training, seminar, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan sistem yang lebih terpadu dan  saling mengisi  satu sama lain.

Dalam rangka menyongsong era globalisasi dan perdagangan bebas yang sudah mulai berjalan; dengan ditandai dengan arus informasi dan komunikasi tanpa mengenal batas negara; setiap organisasi profesi harus lebih proaktif terhadap perubahan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan pembangunan. Karena hal tersebut telah terbukti peranannya sebagai penggerak pembangunan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan tatanan masyarakat baru dalam mengangkat harkat dan martabat manusia.